🔛Keseimbangan Hidup dan Bekerja

 8 Hal untuk mendapatkan “keseimbangan hidup dan bekerja”:


1. Satu hari, satu kehidupan. Sangat penting untuk memaknai hidup bukan 

tahunan atau decade, tetapi dari satu hari waktu ke satu hari waktu 

berikutnya.


2. Satu jam, bukan satu minggu. Sebenarnya tidak perlu menunggu akhir 

minggu atau memperpanjang cuti bila setiap hari bisa menikmati sebentar 

seperti berjalan kaki, membaca, bermain dengan anak atau aktifitas lainnya 

yang bisa dilakukan sebentar.


3. Kualitas. Selalu hitung waktu berkualitas daripada kuantitas waktu. Apa 

dan bagaimana anda mengisi waktu secara berkualitas untuk menambah 

kesenangan.


4. Audit jadwal mingguan. Dengan mengetahui semua hal yang akan 

dilakukan dan sudah dilakukan dari bangun tidur, perjalanan, bekerja, 

sampai dengan nonton televisi, akan membantu kita untuk bisa 

menyeimbangkan kehidupan secara harian.


5. Rencanakan istirahat. Hal-hal yang bisa dilakukan sekarang akan 

menyisakan waktu untuk istirahat yang cukup, tidak menumpuk di saat-saat 

terakhir seperti menjelang akhir minggu. Delapan jam untuk bekerja, 

ditambah delapan jam untuk aktifitas non-bekerja, akan menyisakan 

delapan jam untuk istirahat cukup. Istirahat siang alias tidur siang sebentar 

akan meningkatkan produktifitas anda. 


6. Ketahui alternatif lain. Penggunaan teknologi sebagai sarana untuk 

memudahkan dan membuat pekerjaan lebih efisien perlu menjadi hal yang 

dikuasai dan didalami. Fleksibilitas waktu, cara bekerja, berkomunikasi dan 

lain-lain memungkinkan pengurangan stres yang tidak perlu. 


7. Tetapkan prioritas. Ambil waktu untuk menentukan apa yang penting 

untuk anda, lalu coba untuk mencurahkan perhatian penuh pada satu hal 

dalam satu saat – konsentrasi bekerja di jam kerja, perhatian keluarga 

ketika di rumah.


8. STOP menjadi BOSS. Seorang atasan atau pengusaha cenderung mau 

kontrol semua. Itu bisa baik untuk pekerjaan bisa tertib selesai, tetapi 

buruk untuk istirahat anda. Kenapa hal-hal yang tidak perlu memerlukan

anda, seperti pembayaran tagihan, merencanakan perjalanan dll dilakukan 

oleh bawahan anda atau orang yang pantas untuk mengerjakannya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

♒Mantan

🅰️Attractor Factor

🌄 Attractor Factor