🔛Keseimbangan Hidup dan Bekerja
8 Hal untuk mendapatkan “keseimbangan hidup dan bekerja”:
1. Satu hari, satu kehidupan. Sangat penting untuk memaknai hidup bukan
tahunan atau decade, tetapi dari satu hari waktu ke satu hari waktu
berikutnya.
2. Satu jam, bukan satu minggu. Sebenarnya tidak perlu menunggu akhir
minggu atau memperpanjang cuti bila setiap hari bisa menikmati sebentar
seperti berjalan kaki, membaca, bermain dengan anak atau aktifitas lainnya
yang bisa dilakukan sebentar.
3. Kualitas. Selalu hitung waktu berkualitas daripada kuantitas waktu. Apa
dan bagaimana anda mengisi waktu secara berkualitas untuk menambah
kesenangan.
4. Audit jadwal mingguan. Dengan mengetahui semua hal yang akan
dilakukan dan sudah dilakukan dari bangun tidur, perjalanan, bekerja,
sampai dengan nonton televisi, akan membantu kita untuk bisa
menyeimbangkan kehidupan secara harian.
5. Rencanakan istirahat. Hal-hal yang bisa dilakukan sekarang akan
menyisakan waktu untuk istirahat yang cukup, tidak menumpuk di saat-saat
terakhir seperti menjelang akhir minggu. Delapan jam untuk bekerja,
ditambah delapan jam untuk aktifitas non-bekerja, akan menyisakan
delapan jam untuk istirahat cukup. Istirahat siang alias tidur siang sebentar
akan meningkatkan produktifitas anda.
6. Ketahui alternatif lain. Penggunaan teknologi sebagai sarana untuk
memudahkan dan membuat pekerjaan lebih efisien perlu menjadi hal yang
dikuasai dan didalami. Fleksibilitas waktu, cara bekerja, berkomunikasi dan
lain-lain memungkinkan pengurangan stres yang tidak perlu.
7. Tetapkan prioritas. Ambil waktu untuk menentukan apa yang penting
untuk anda, lalu coba untuk mencurahkan perhatian penuh pada satu hal
dalam satu saat – konsentrasi bekerja di jam kerja, perhatian keluarga
ketika di rumah.
8. STOP menjadi BOSS. Seorang atasan atau pengusaha cenderung mau
kontrol semua. Itu bisa baik untuk pekerjaan bisa tertib selesai, tetapi
buruk untuk istirahat anda. Kenapa hal-hal yang tidak perlu memerlukan
anda, seperti pembayaran tagihan, merencanakan perjalanan dll dilakukan
oleh bawahan anda atau orang yang pantas untuk mengerjakannya.
Komentar
Posting Komentar